5 Cara Aman Pakai Aplikasi Pinjaman Online Cepat Cair Cukup KTP

Alt Text for Image: Pinjaman Online Cepat Cair Cukup KTP

Di balik mudah dan menggiurkannya tawaran pinjaman online cepat cair cukup KTP, ada sejumlah faktor keamanan yang nggak boleh kelewat kita perhitungkan kalo mau pinjam uang. Bukan berniat bikin takut, tapi demi kebaikan diri sendiri, nggak ada salahnya toh jadi lebih waspada dan cari tahu banyak informasi sebelum pinjam?

Dengan berhati-hati, kita bisa meminimalisir risiko terjebak pada fintech ilegal yang mencekik. Selain itu, kita juga bisa menjaga keamanan data karena tahu bahwa aplikasi yang kita gunakan cukup aman, kredibel, dan terpercaya. 

Ditambah, dari ratusan aplikasi pinjaman online cepat cair cukup KTP yang beredar di Google Play Store atau App Store, pastinya kita perlu tau dong, mana sih yang legal? Atau, mana sih yang terbaik buat kantong dan kebutuhan sendiri?

Tenang, nggak perlu cek semua aplikasi satu-satu. Kamu bisa pakai lima cara berikut untuk memfilter aplikasi pinjaman online cepat cair cukup KTP supaya transaksi jadi lebih aman

Pastikan tujuan pinjaman dan kemampuan bayar

Sebelum memilih aplikasi dan mengajukan pinjamannya itu sendiri, yang harus dicek pertama kali adalah diri kita sendiri. Terutama terkait dengan tujuan pinjaman dan kemampuan bayar kita. Sebab, cukup banyak kasus di mana orang pakai aplikasi pinjaman online cepat cair cukup KTP yang tidak memperhitungkan kemampuan bayar. Akibatnya, ini jadi menyusahkan diri sendiri. Ya, bisa jadi karena kepepet atau nggak tau lagi harus pinjam ke mana. 

Idealnya, aplikasi pinjaman online bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang sifatnya mendesak. Plus, harus diiringi juga dengan kemampuan bayar tiap bulan. Gimana cara tau mampu apa enggaknya? 

Sederhananya, kalo kamu masih punya penghasilan lancar tiap bulan, coba hitung & cek kembali, berapa jumlah utang yang sudah dimiliki sekarang? Kalo udah lebih dari 30% jumlah penghasilan bulanan, maka bisa dibilang kamu belum bisa untuk menambah pinjaman baru. Kalo masih kurang dari 30%, maka pinjaman baru bisa diajukan asalkan dengan mempertimbangkan sisa uang yang masih bisa dialokasikan untuk bayar pinjaman per bulannya. 

Kalo mau aman, tidak disarankan menggunakan aplikasi pinjaman online untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif seperti belanja atau membeli barang yang tidak perlu. 

Cek izin dan referensi dari OJK

Setelah tahu apa tujuan pinjaman dan bagaimana kemampuan finansialmu, kamu bisa mecari daftar aplikasi pinjaman online langsung lewat situs OJK. Secara berkala, OJK sering merilis daftar aplikasi fintech yang sudah memiliki izin. Dari sana, kamu bisa menggali informasi lebih lanjut terkait aplikasi yang sudah dipilih. 

Sebaliknya, jika kamu menemukan info aplikasi pinjaman online selain dari situs OJK, jangan langsung daftar atau digunakan ya meskipun ada logo OJK tertera pada situs atau aplikasinya. Kamu bisa googling nama aplikasi dengan tambahan kata kunci “OJK” atau mencari nama aplikasi tersebut langsung di daftar pinjol yang dirilis OJK.

Demi keamanan, nggak ada salahnya melakukan double checking

Cek rating dan ulasan pengguna pinjaman online cepat cair cukup KTP pilihanmu

Biasanya, aplikasi pinjaman online beroperasi menggunakan platform aplikasi yang bisa kamu unduh lewat Google Play Store atau App Store. Hal penting yang harus kamu pastikan sebelum download adalah membaca betul-betul deskripsi aplikasi, informasi limit pinjaman dan bunganya, jumlah download, mengecek rating, serta berbagai ulasan dari penggunanya. 

Utamakan memilih aplikasi pinjaman online yang jumlah downloadnya sudah banya, ratingnya tinggi, dan banyak ulasan positifnya. Sebab, tiga hal tersebut bisa menjadi cerminan bagaimana layanan dari aplikasi pinjaman tersebut. 

Salah satu aplikasi pinjaman yang punya total download dan rating yang cukup tinggi di Google Play Store adalah Kredivo. Dengan rating 4,7, kalo kita baca deskripsi aplikasi Kredivo di Google Play Store, di sana tertera informasi bahwa Kredivo menerapkan suku bunga pinjaman hanya 2,6% per bulan dengan tenor 1/3/6 bulan. Dibanding aplikasi pinjaman lainnya, bunga Kredivo bisa dibilang yang paling rendah di mana rata-rata aplikasi pinjaman online mematok suku bunga harian sebesar 0,8% atau mencapai lebih dari 20% per bulannya. 

Pilih fintech yang bunga dan tenornya sesuai kemampuan

Buat kamu yang lagi cari aplikasi pinjaman dengan bunga rendah, Kredivo yang bunga pinjamannya cuma 2,6% per bulan dengan opsi tenor 1/3/6 bulan bisa jadi salah satu opsi terbaik. 

Meski rata-rata aplikasi pinjaman online menerapkan bunga tinggi karena risiko pinjaman yang juga tinggi, bisa nemu aplikasi yang bunganya rendah itu bukan hal mustahil, kok. Selain Kredivo, masih ada fintech lain yang punya bunga pinjaman rendah. 

Suku bunga adalah aspek paling penting dalam pinjaman yang akan memengaruhi besaran angsuran yang harus kita bayar. Jadi, makin bersahabat bunganya, tentu makin baik. Selain bunga, pertimbangkan juga opsi tenor yang ditawarkan fintech. Apakah metodenya sekali bayar lunas? Atau bisa dicicil dengan tenor? Kalo bisa dicicil, tentu akan makin meringankan kita dalam mengembalikan pinjaman. 

Usahakan bayar tepat waktu

Yang terakhir, kalo mau aman dari penagihan atau skor kredit tetap positif, usahakan untuk membayar pinjaman yang sudah kamu terima secara tepat waktu, ya. Seperti layanan pinjaman lainnya, kalo pinjam uang ke fintech legal, data atau histori pinjaman kamu akan tetap masuk dalam SLIK, lho. Jadi, sangat penting untuk bayar tepat waktu dan tidak meremehkan pinjaman. 

Untuk bayar tepat waktu, tentulah dibutuhkan kondisi finansial yang mumpuni. Maka dari itulah, kembali ke poin pertama di atas: sebelum pinjam, pastikan juga kondisi finansialmu masih prima untuk tambah pinjaman baru, yaa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *