7 Manfaat Mengonsumsi Timun Untuk Kesehatan Tubuh

Timun Lokal - Majukan Perekonomian Lokal | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Masyarakat Indonesia kerap mengolah timun dengan berbagai cara, mulai dari dibuat rujak, lalapan, sayur, salad, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, bahkan mentimun juga kerap dijadikan bahan untuk membuat masker wajah lho.

Hal itu menunjukkan bahwa timun memiliki segudang manfaat. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas 7 manfaat dari mengonsumsi timun untuk kesehatan tubuh. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

1. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Perlu kamu ketahui, serangan radikal bebas dalam tubuh itu dapat menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit kronis. Pada dasarnya, serangan radikal bebas tersebut bisa kita atasi dengan meminum air putih sebanyak 7 – 8 gelas per hari.

Selain dengan air putih, kamu juga bisa menggunakan mentimun untuk dijadikan infused water. Hal itu bukan tanpa alasan, karena mentimun memiliki beragam jenis kandungan yang berperan sebagai antioksidan, seperti lutein, flavonoid, tanin, dan zeaxanthin.  

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tak hanya ampuh dalam menangkal serangan radikal bebas, ternyata mengonsumsi timun secara rutin dan teratur juga dapat melancarkan sistem pencernaan lho. Hal ini berkat kandungan air dan sertanya yang cukup tinggi, sehingga sangat membantu dalam mencegah serta mengatasi masalah sembelit.

Tentu saja jenis sayuran satu ini sangat cocok bagi mereka yang sering mengalami masalah susah BAB alias susah buang air besar.

3. Mencegah Dehidrasi

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga tak heran, jika mengonsumsi mentimun ini dapat mencegah dan menghilangkan dehidrasi.

4. Dapat Memelihara Kesehatan Kulit

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa memiliki kulit yang sehat itu menjadi dambaan bagi setiap orang. Ya, jelas demikian, sebab kondisi kulit yang sehat akan membuat kita tampil lebih percaya diri lagi.

Untuk memelihara kesehatan kulit dari dalam, maka mengonsumsi mentimun secara rutin dan teratur menjadi pilihan yang paling tepat. Sebab mentimun dilengkapi dengan beragam kandungan yang bertugas untuk menjaga kesehatan kulit, seperti mineral, vitamin, serta antioksidan.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, mentimun juga bisa dijadikan masker untuk memelihara kecantikan kulit wajah lho. Penggunaan masker mentimun diyakini dapat mengatasi kulit kering, iritasi kulit, dan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari.

5. Untuk Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Berdasarkan dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada mentimun memiliki potensi untuk mengurangi risiko terkena berbagai jenis penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, dan kanker usus besar.

Selain kandungan antioksidan, terdapat juga kandungan lignan dan flavonoid di dalam mentimun yang berperan penting untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menjalankan program diet sehat, maka mentimun harus kamu masukkan ke dalam daftar menu diet. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kandungan serat pada mentimun terbilang cukup tinggi.

Nah kandungan serat tersebutlah yang akan membuat perut kita menjadi kenyang dalam waktu lama, sehingga nafsu makan menjadi lebih terkontrol.

7. Memelihara Kesehatan Tulang

Manfaat berikutnya dari mengonsumsi mentimun, yakni dapat memelihara kesehatan tulang. Vitamin K dan klasium yang terkandung pada mentimun sudah terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah osteoporosis (keropos tulang).

Seperti itulah 7 manfaat yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi mentimun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *