Beberapa Tanda Awal Kehamilan Yang Perlu Kamu Ketahui

11 Ciri-Ciri Hamil Muda Sebelum Telat Haid yang Harus Diketahui
source gambar : doktersehat.com

Momen adanya tanda-tanda kehamilan adalah yang paling dinantikan oleh seorang wanita yang menginginkan kehadiran buah hati di dalam keluarganya. Sepasang suami istri akan merasakan kebahagiaan yang tiada tara ketika hadirnya calon si buah hati.

Kehamilan juga menandakan bahwa suami istri mempunyai tingkat kesuburan yang baik, sehingga membuktikan kalau mereka tidak memiliki masalah kesehatan yang berarti. Banyak kondisi yang rentan terjadi membuat wanita menjadi cemas terkait apakah itu tanda kehamilan atau bukan.

Karena tanda-tanda hamil sebelum telat haid hampir sama dengan tanda tanda wanita menjelang haid. Sebagian wanita dapat mengalami tanda-tanda awal kehamilan, bahkan sebelum waktu haid tiba. Hal ini terjadi karena perubahan hormon bertemu pada tubuh yang begitu sensitif.

Sehingga akan terjadi perubahan pada beberapa bagian tubuh. Berikut akan dibahas beberapa tanda-tanda hamil sebelum telat haidsehingga kamu bisa lebih cepat mengenalinya.

  1. Suhu tubuh

Salah satu tanda awal kehamilan atau tanda-tanda hamil 3 hari adalah, suhu tubuh wanita akan turun dan mengalami lonjakan setelah naik lagi. Suhu tubuh dapat terus meningkat, sampai mencapai 0,4-0,6 derajat dari suhu normal.

  1. Keputihan

Tanda hamil yang lainnya adalah semacam keputihan. Namun bukan keputihan melainkan karena cervical mucus yang amat tipis sehingga sehingga mengeluarkan cairan ketika terjadinya pembuahan.

  1. Perubahan pada payudara

Perubahan pada payudara menjadi salah satu tanda tanda kehamilan. Perubahan tersebut yakni payudara akan terasa lebih padat, sensitif dan lebih kencang. Selain itu puting payudara akan berwarna lebih gelap dan lebih menonjol dari biasanya. Dan juga pembuluh darah akan lebih tampak pada permukaan kulit payudara.

  1. Buang air kecil lebih sering

Adanya perubahan hormon akan mengakibatkan wanita lebih sering buang air kecil, terutama pada malam hari. Hai ini disebabkan adanya pembesaran rahim sehingga menekan kandung kemih.

  1. Sensitif terhadap bau

Indra penciuman pada wanita hamil akan lebih sensitif terhadap bau. Sehingga akan mengakibatkan mual. Hal ini disebabkan oleh  adanya peningkatan hormon progesteron yang meningkat di awal kehamilan. Selain itu juga mengakibatkan adanya perubahan respon tubuh terhadap aroma.

  1. Mual dan muntah muntah

Wanita hamil kebanyakan akan mengalami mual dan muntah muntah. Ini biasanya terjadi kira-kira sebulan setelah haid terakhir. Mual dapat terjadi di pagi hari pada sebagian wanita hamil. Hal ini sering disebut sebagai morning sickness. Akan tetapi pada wanita lainnya kondisi ini dapat terjadi di sepanjang hari. Situasi ini lebih sering terjadi di pagi hari karena naiknya asam lambung di malam hari dan naiknya kadar hormon beta-HCG. Mual dan muntah dapat dicegah dengan menjaga perut agar tidak kosong terutama saat wanita hamil mengkonsumsi vitamin.

  1. Hilangnya nafsu makan

Peningkatan hormon beta-HCG dan sensitivitas terhadap bau-bauan dapat menjadikan wanita hamil tidak berserela menyantap makanan yang sebelumnya biasa dikonsumsi.

  1. Kram perut

Sejumlah wanita hamil akan mengalami kram perut. Kram perut menjadi tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Hal ini terjadi akibat pembuahan pada sel telur di dalam rahim. Implantasi terjadi antara 8-10 hari sesudah ovulasi. Atau sekitar 4-6 hari sebelum haid berikutnya.

Itulah beberapa tanda-tanda hamil sebelum telat haid yang dapat kamu pelajari, agar kamu lebih mengenal tanda awal kehamilan, bisa menjaga kehamilan dan mempersiapkan hal lain untuk kesehatan kamu dan si calon buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *