Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional dan Kegunaannya

Lapangan merupakan hal krusial yang mesti diperhatikan ketika akan melakukan pertandingan sepak bola. Sehingga mesti memiliki aturan paten, dan menurut organisasi sepak bola yang ada di indonesia atau internasional seperti Federation International Football Association (FIFA).

Sebagai penikmat pertandingan sepak bola tentu Anda juga harus tahu tentang ukuran lapangan sepak bola nasional yang kerap digunakan dalam pertandingan sepak bola nasional. Bukan hanya itu Anda juga harus paham tentang fungsi garis yang ada di dalamnya maupun di luar lapang. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan secara singkat tentang hal tersebut, sebagai berikut.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Sesuai Standar Nasional

Lapangan sepak bola yang berarti bagian permukaan tanah luas yang digunakan untuk pertandingan sepakbola, yang biasanya disertai rumput sintetis atau alami. Jenis pertandingan sepak bola yang diadakan dalam skala dalam negeri atau nasional memiliki ukuran lapang yang lebih sempit ketimbang internasional. Ukuran lapangan yang disebut mini ini sengaja di desain untuk pertandingan nasional.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional dan Internasional FIFA
source gambar : qudsfata.com

Dengan ukuran panjang 90 meter sampai 120 meter dan lebarnya 40 meter sampai 90 meter, ukuran tersebut sudah sesuai dengan kriteria ukuran lapangan sepak bola nasional yang ada sejak lama. Berikut rincian ukuran dalam lapangan sepak bola nasional, lingkaran di bagian tengah lapang berukuran 9.15 meter, ukuran kotak kiper 18.30 meter kali 5.5 meter. Kemudian untuk ukuran kotak penalty 40.3 kali 16.5 meter.

Fungsi Garis yang Berada di Lapangan Sepakbola Nasional

Pertama ada garis yang berada di tengah lapangan sepakbola berfungsi untuk membagi lapangan menjadi dua bagian sebagai pembatas area atau daerah sendiri dengan lawan. Garis berbentuk lingkaran yang ada di tengah lapang berfungsi untuk pembatas permainan lawan misalnya saat ada tendangan kick off pada awal pertandingan. Kemudian garis kotak penalti berfungsi untuk mengeksekusi tendangan penalti pembatas kiper untuk menyentuh bola.

Beberapa nama dan fungsi garis yang ada dalam ukuran lapangan sepak bola nasional yakni, centre mark atau titik pusat permainan, biasanya ditandai dengan titik berdimensi ukuran 5. Lalu penalty mark zona jika ada pelanggaran yang dilakukan tim berahan pada lawan. Selain itu ada yang disebut goal area atau daerah kekuasaan kiper sehingga lawan tidak bisa melakukan serangan.

Corner flagspot yakni bendera di empat sudut lapangan yang berfungsi untuk lokasi sepak pojok dan masih banyak garis lainnya yang memiliki fungsi masing-masing. Semua yang telah dijabarkan diatas telah mewakili fungsi garis yang ada dalam lapangan sepak bola nasional khususnya. Sehingga dapat membantu anda ketika memahami pertandingan sepakbola.

Itulah ulasan singkat tentang ukuran lapangan sepak bola nasional beserta fungsi garis yang ada di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *